Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan serta dapat menunjang terselenggaranya suatu kegiatan yang sangat diperlukan dalam menunjang kegiatan KPH Tahura Pocut Meurah Intan, beberapa sarana dan prasarana yang ada diantaranya :
a.Kantor KPH TAHURA Pocut Meurah Intan

Gambar 1. Kantor KPH Tahura Pocut Meurah Intan

Kantor KPH Tahura Pocut Meurah Intan merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah Belanda pada zaman dahulu. Bangunan tersebut pada saat ini digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan aktivitas dalam mengelola KPH Tahura Pocut Meurah Intan.

b.Aula
Aula KPH Tahura Pocut Meurah Intan didirikan pada tahun 2006. Pada tahun 2016 aula tersebut di renovasi sehingga saat ini sudah dapat digunakan secara maksimal. Kapasitas aula dapat menampung ± 100 orang peserta, sehingga dapat mendukung kegiatan yang ada di KPH Tahura PMI seperti pelatihan dan pertemuan/ rapat (Gambar 2).

Gambar 2. Aula KPH Tahura Pocut Meurah Intan

c.Balai Pertemuan

Gambar 3. Balai Pertemuan KPH Tahura Pocut Meurah Intan

Balai pertemuan merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di KPH Tahura Pocut Meurah Intan. Balai tersebut biasa digunakan pada saat pertemuan bersama masyarakat dan para pihak lainya. Balai KPH Tahura Pocut Meurah Intan dapat menampung ± 15 orang.
d.Pustaka
Pustaka merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang terdapat di dalam kantor KPH Tahura Pocut Meurah Intan. Pustaka tersebut dibangun dengan tujuan agar dapat menunjang kegiatan wisata pendidikan. Di dalam ruangan pustaka terdapat beberapa lemari yang berisikan buku mengenai kehutanan, lingkungan, perkebunan, dll.
e.Sarana Peribadatan

Gambar 8. Sarana Peribadatan

Di dalam kawasan perkantoran KPH Tahura Pocut Meurah Intan terdapat sebuah sarana peribadatan yaitu Mushalla yang dapat dipakai oleh siapa saja baik staf Tahura maupun pengunjung yang melakukan kegiatan wisata di Tahura PMI.
f.Guest House dan Mess Rimbawan

Gambar 9. Mess Rimbawan KPH Tahura Pocut Meurah Intan

KPH Tahura Pocut Meurah Intan memiliki fasilitas penginapan yaitu guest house dan mess rimbawan. Guest house dan mess rimbawan tersebut biasanya digunakan apabila di KPH Tahura PMI terdapat kegiatan pelatihan maupun penelitian. KPH Tahura Pocut Meurah Intan memiliki 2 (dua) kamar guest house, masing – masing kamar dapat menampung 2 orang dengan difasilitasi 1 kamar mandi. Sedangkan mess rimbawan dapat menampung ± 10 orang dengan difasilitasi 2 kamar mandi dan 1 ruangan dapur.

g.Pos Penjagaan

Gambar 10. Pos Penjagaan KPH Tahura Pocut Meurah Intan

Pos penjagaan merupakan tempat bagi Tamu yang berkunjung ke KPH Tahura Pocut Meurah Intan. Tamu dapat melapor terlebih dahulu, sehingga anggota pengamanan hutan (PAMHUT) yang sedang bertugas piket di pos penjagaan dapat mengarahkan tamu tersebut.
h.Area Parkir
Area parkir tersedia di kawasan KPH Tahura Pocut Meurah Intan dan dapat menampung kendaraan roda 2 sebanyak ± 200 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak ± 50 unit. Area parkir tersebut sangat menunjang kegiatan wisata bagi para pengunjung serta tamu kantor yang berkunjung ke KPH Tahura PMI.
i.MCK
Fasilitas MCK telah tersedia di beberapa tempat sekitar kawasan KPH Tahura Pocut Meurah Intan seperti di sekitar bangunan kantor, aula, dan mushalla.