Pendidikan

Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan juga merupakan wahana pendidikan. Pendidikan berbasis konservasi dan pemanfaatan sumberdaya alam lestari adalah corak utama dari kegiatan pendidikan yang di selenggarakan di Tahura PMI. Pelajar tingkat SMA di Aceh pada 2014 memulai kegiatan pendidikan pelestarian alam yang merupakan pendidikan muatan lokal melakukan praktiknya di Tahura PMI. Sejak 2015, merespon kebutuhan tersebut, Tahura PMI bekerjasama dengan YAPEKA (Yayasan Pendidikan Konservasi Alam) melakukan set up jalur pendidikan konservasi. Hasil dari kegiatan set up tersebut telah menghasilkan spot pendidikan konservasi bertema ; habitat satwa, sumberdaya air, kehidupan satwa liar, lokasi pengamatan burung serta lokasi mengenal Gajah (Elephas maximus) sebagai satwa dilindungi. Hingga pada mei 2015 sudah ada sekitar 370 orang siswa yang telah datang dan mengikuti kegiatan pendidikan lingkungan di Tahura PMI dengan menggunakan objek interpretasi yang sudah ada
Selain itu, siswa juga dapat belajar kemandirian, menguji mental, dan penguatan kapasitas sosial yang sangat berarti bagi pembangunan karakter siswa.
Tidak hanya siswa yang mempergunakan arena pembelajaran konservasi di Tahura PMI, namun juga masyarakat pada umumnya juga sering memanfaatkan lokasi ini sebagai lokasi pembelajaran. Pendidikan konservasi bagi orang dewasa dengan tema Agroforestry, pembuatan pupuk organik, budidaya madu, budidaya hasil hutan bukan kayu bahkan pendidikan outbond bagi karyawan juga dilakukan oleh beberapa pihak di kawasan Tahura PMI.
Semoga, kawasan tahura disela menghadapi tantangan perlindungan kawasan masih dapat memberikan manfaat sebagai wahana pembelajaran bagi masyarakat, kini dan nanti.